Sabtu, 08 Januari 2011

1. Cara install BackTrack 4 final release dengan menggunakan VM Ware





Apabila anda belum mempunyai VM Ware atau Backtrack silahkan download diwebsite – website yang telah tersedia,atau untuk VM Ware silahkan download di http://www.vmware.com untuk download backtracknya ada di http://www.backtrack-linux.org.
.      Langkah pertama install VM Ware,setelah itu jalankan VM Ware tersebut dan jangan lupa biasanya VM Ware meminta serial number untuk keyamanan proses penginstallan Operating System yang akan kita jalankan.Silahkan jalankan WM Ware,disini kami menggunakan VM Ware Workstation versi 6.5.1 build-126130 muncul seperti tampilan dibawah ini :

   

.      Pilih File kemudian New trus pilih Virtual Machine,maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

   

.      Pilih next maka akan muncul tampilan New virtual machine wizard,pilih menu Installer disc image file (iso).Arahkan pada folder dimana tempat kita menyimpan file backtrack yang sudah kita download seperti gambar dibawah :

 
      Pilih next untuk melanjutkan proses pemilihan Guest operating system untuk memilih versi dari linux,dimana kami memilih Other linux 2.6.x kernel untuk backtrack lihat gambar dibawah ini :

    

 Pilih next untuk melanjutkannya,beri nama Operating system / linux tersebut sesuai namanya.Lalu arahkan kepartisi hardisk yang masih kosong,jangan lupa buat folder untuk linux yang akan kita buat Operating systemnya.Lalu pilih next untuk melanjutkannya,lihat pada gambar selanjutnya dibawah ini :

   
  Langkah selanjutnya kita akan membuat free space hardisk untuk root dan swap areanya,dimana hardisk yang kita perlukan tidak begitu banyak hanya sekitar 8 Gb.Pilihlah store virtual disk as a single file,lalu pilih next dan partisi buat Operating System kita sudah selesai :

  
 Disini kita akan menyetting virtual memory dan network yang akan kita gunakan untuk virtual machine,pilih edit virtual machine setting.Pertama kita setting memory menjadi 512 MB,untuk floppy drive kita bisa meremovenya seperti gambar dibawah ini :

  Setelah kita mensetting memory,kita akan mensetting network adapternya dimana untuk itu kita memilih Bridged : Connected directly to the physical network trus pilih ok.

 
  Pilih edit trus pilih virtual network editor,disini kita juga akan mendeteksi untuk hardware wirelessnya seperti dibawah ini :

 
 
.  Selanjutnya kita akan memulai proses penginstallan Backtrack,pilih power on this virtual machine.Tunggu sampai proses loading selesai sampai muncul root@bt:~# seperti gambar dibawah ini :

Setelah muncul root@bt:~# lalu ketikkan startx terus enter maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini :

 
.  Kemudian klik 2x install.sh maka akan muncul tampilan untuk mensetting zona waktu,kemudian pilih zona waktu Jakarta kemudian pilih forward seperti gambar di bawah ini :
.   
  Langkah selanjutnya kita akan mensetting standart keyboard yang akan kita gunakan USA kemudian pilih forward :

 
 
  Setelah kita mensetting keyboard,maka akan muncul menu create partition :

a.       Pada menu prepare disc space pilih manual,mengapa kita pilih manual karena kita bisa memilih partisi yang masih kosong tanpa harus memformat partisi yang ada kecuali kita benar – benar ingin memformat partisi kita.kemudian pada saat ada pilihan dimenu create new empty partition,klik menu pilihan continue.
  Selanjutnya kita akan membagi partisi untuk dijadikan partisi “/” ext3 dan “swap area”,perhatikan pada gambar dibawah ini :

a.       Setelah mempartisi / atau ext3,selanjutnya membuat partisi untuk swap area seperti gambar dibawah ini :

 Langkah selanjutnya adalah proses install backtrack 4,tunggu sampai proses install selesai sampai kita dimintai untuk login.

  
a.       Pada saat kita diminta untuk login silahkan ketik bt login : root dan Password : toor trus tekan enter maka akan muncul root@bt:~# kemudian isi dengan mengetik startx lalu enter dan tunggu sampai muncul desktop backtrack.

 
.  Klik 2x install.sh pada tampilan desktop backtrack maka akan jalan secara otomatis proses installer,setelah selesai kita akan diminta untuk merestart computer atau VM Ware kita.dan apabila proses restart sudah selesai masukkan lagi login dan password seperti langkah sebelumnya,adapun menu tampilan backtrack 4 final release seperti gambar dibawah ini :

 
  Setelah selesai proses install sekarang update kernel :
 dikonsole ketikkan :
.  apt-get update
  apt-get install -d linux-image
.  cd /var/cache/apt/archives/
.  dpkg -i –force all linux-image-2.6.30.5_2.6.30.5-10.00.Custom_i386.deb
  apt-get dist-upgrade
  apt-get install madwifi-drivers
.  apt-get install r8187-drivers
  Biasanya backtrack akan menset network secara dhcp tapi kalau masih belum bisa silahkan ketikkan dikonsole.
Setting IP secara Dhcp caranya :
.  ketik "dhcpd eth0"
(untuk eth0 ini tergantung dari lan card yang kita pakai)
untuk memastikan ketik ifconfig.

.  Setting IP secara static caranya :
.  ketik "ifconfig eth0 192.168.1.2/24" ->setting IP dan subnet
ketik "route add default gw 192.168.1.1" -> setting gateway
ketik "echo nameserver 192.168.1.1 > /etc/resolve.conf" -> sett dns
untuk memastikan ketik ifconfig.
  Setting koneksi wireless :
  dikonsole ketikkan :
.  root@bt:~# /usr/bin/start-network
.  membuat wicd autostart:
.  nano /root/.bash_profile
.  isinya:
.  start-network
.  save dan keluar.
  atau ada cara lain yaitu membuat shortcut di kde
  cd /root/.kde/Autostart
.  ln -s /usr/bin/wicd
.  kemudian masuk “Kmenu –> Internet –> wicd Network manager”atau
.  di konsole ketikkan :
  root@bt:~#/usr/bin/wicd-client on
  Konfigurasi sound dibacktrack ketik "alsaconf" ikutin perintahnya setelah selesai ketik "alsamixer" setelah setting suara ketik "alsactl store" buat menyimpan.
.  Install openoffice :
 apt-get install openoffice.org
.  apt-get install openoffice.org-style-andromeda
  Diantara beberapa tool yang terdapat dalam backtrack :

• Metasploit integration
• RFMON wireless drivers
• Kismet
• AutoScan-Network is a network discovering and managing application
• Nmap
• Ettercap
• Wireshark (formerly known as Ethereal)
• Enumeration
• Exploit Archives
• Scanners
• Password Attacks
• Fuzzers
• Spoofing
• Sniffers
• Tunneling
• Wireless Tools
• Bluetooth
• Cisco Tools
• Database Tools
• Forensic Tools
• BackTrack Services
• Reversing
• Misc
.  Tidak ketinggalan adalah tools favorit untuk membobol pasword (passwordcracker), perkakas untuk menelusuri WLAN, Bluetooth dan RFID, Penetrations-Frameworks dan program untuk menganalisa VoIP atau melakukan reverse engineering. Pengembang dari distro sekuriti paling top ini mengklaim bahwa edisi BackTrack 4 Final merupakan distro yang paling lengkap dalam bidangnya (sekuriti) yang pernah ada sampai saat ini.
.  Daftar dari “external” wireless drivers yang disertakan mencakup: r8187 (IEEE802.11 drivers), madwifi-ng (IEEE802.11 Atheros drivers), rt73 k2wrlz (IEEE802.11 rt73 drivers), rt3070 (STA drivers (no injection)), broadcom hybrid (STA drivers (no injection)), rt2860 (STA Drivers (no injection)), rt2870 (STA Drivers (no injection)), rt3070 (STA Drivers (no injection)).
. 
Agar distro ini bisa digunakan untuk urusan hari-hari, ia juga dibekali aplikasi standar seperti browser Firefox, Konqueror dan Lynx, pembaca dokumen PDF, der Feedreader Liferea, seperti juga Multimessenger-Client Kopete dan IRC-Client XChat dll. Backtrack dapat langsung digunakan dari LiveDVD, USB-drive atau ditanamkan ke hardisk agar penyetelan konfigurasi pribadi dapat disimpan untuk digunakan lagi.
.  Saya akan mencoba membagi pengalaman saya yang sedang saya lakukan hingga sekarang ini yaitu dengan mengulas sedikit perintah linux yang sering digunakan sehari-hari.Hingga postingan ini terbit saya menggunakan distro backtrack 4 final dari linux.Berhubung saya sedang belajar, apa salahnya saya membagi pengalaman tentang perintah linux dan itupun yang saya pakai dalam pengoperasian OS Linux ini.Semoga postingan ini dapat membantu rekan-rekan dalam mempelajari linux :
.  ls
Melihat isi file dari direktori aktif. Pada linux perintah "dir" hanya berupa alias dari perintah "ls". Untuk perintah "ls" sendiri sering dibuatkan alias "ls --color", agar pada waktu di "ls" ditampilkan warna-warna sesuai dengan file-filenya, biasanya hijau untuk execute, dsb.

ls -al
Melihat seluruh isi file pada direktori aktif beserta file hidden + attribute/permission filenya , lalu ditampilkan layar perlayar.

cd (directory)
Change directory. Menggunakan "cd" tanpa nama direktori akan menghantarkan anda ke home direktor. Dan "cd -" akan menghantarkan anda ke direktori sebelumnya.

mv source destination
Memindahkan atau mengganti nama file. Contohnya : mv /opt/lampp/htdocs/joomla.zip /home/sleepholic/Desktop . ini aritnya anda memindahkan (cut) file joomla.zip ke Desktop .Untuk Rename : mv namaLama namaBaru . Contoh: mv Joomla.zip Project.zip .ini berarti
anda mengganti nama joomla.zip menjadi project.zip

rm files
Menghapus file. Contoh rm /opt/lampp/htdocs/Joomla.zip ini berarti anda menghapus file Joomla.zip dalam folder /opt/lampp/htdocs/

mkdir directory
Membuat direktori baru. contoh mkdir /home/sleepholic/Desktop/folderbaru .Ini berarti anda telah membuat folder baru di desktop dengan nama folderbaru

rmdir directory
Menghapus direktori yang telah kosong. Hanya bisa dilakukan untuk folder yang kosong. Contoh : rmdir /home/sleepholic/Desktop/folderbaru .Ini berarti anda menghapus folderbaru di Desktop

pico / nano filename
Edit suatu text file

gunzip filename.gz
Meng-uncompress sebuah file zip (*.gz" or *.z). dengan menggunakan gzip (juga zip atau compress) jika anda menginginkan mengompress file.

locate filename
Mencari file dengan string "filename". Sangat mudah dan cepat dari perintah di atas.
talk username1

xinit
Menjalankan X-window server (tanpa windows manager).

startx
Menjalankan X-window server dan meload default windows manager. Sama seperti perintah "win" under DOS dengan Win3.1
  Sudo
  Menjalan sebuah aplikasi pada linux ubuntu.
.  wicd start
.  Menjalankan sebuah services program wicd agar dapat digunakan.
  networking start
  Menjalankan services network agar kita dapat mengaktifkan fungsi dari jaringan kita.
.  passwd
 Pada distro linux backtrack 4 ini berfungsi agar kita dapat mengganti password dari root.
    http://www.metasploit.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar